PROGRAM KERJA KESISWAAN
MA ROUDLOTUL
ULUM
TAHUN 2022/2023
MADRASAH ALIYAH ROUDLOTUL ULUM
LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM KERJA
KESISWAAN
TAHUN 2022-2023
Program kerja Kesiswaan
ini telah disetujui dan disahkan
oleh
Jombang , 10 Juli 2022
Kepala Madrasah Waka
Kesiswaan
Drs. MUSTOFA, S.Pd Reni Minarti, S.Pd
NIP. NIP.
KATA PENGANTAR
Bismillaahirrohmaanirrohiiim
Puji
dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan
Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program
kerja wakil kepala madrasah bidang kesiswaan tahun pelajaran 2022/2023.
Program kerja ini disusun
berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja
pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran dari berbagai elemen dan
pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
- Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah
tentang tugas pokok wakil kepala madrasah bidang kesiswaan.
- Visi Misi dan Strategi yang hendak dicapai.
- Suara rekan Pembina OSIS,AMBALAN, dan PMR serta rekan pengajar
dan karyawan.
- Pengurus MPK, pengurus OSIS dan siswa.
- Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas
dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
Didasari keberadaan siswa disekolah
sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan
bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran,
situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik
dan nonakademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan
ganda. Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa
yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan
melalui pembinaan oleh para Pembina OSIS dan seluruh pendidik di Madrasah
Aliyah ROUDLOTUL ULUM.
Tujuan penyusunan Program
Kerja dan Rencana Kerja ini tidak lain adalah sebagai acuan dan pedoman yang
harus dikerjakan oleh Waka Kesiswaan selama tahun pelajaran 2022-2021. Mudah-mudahan dengan
adanya Program Kerja ini akan meningkatkan kinerja, sesuai dengan Visi dan Misi MA ROUDLOTUL ULUM.
Menyadari
kekurangan dalam penyusunan pembuatan program ini, maka diharapkan dapat
memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun
program-program serupa khusunya program kerja wakil kepala madrasah bidang
kesiswaan di masa yang akan datang merupakan reperensi yang amat berharga serta
merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan
program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan
tugas pada negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan
nasional khususnya di MA ROUDLOTUL ULUM
dengan visi dan misi madrasah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja sekolah,
amin
Jombang, 10 Juli 2022
Wakamad
Kesiswaan
Reni Minarti, S.Pd
NIP. -
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sesuai dengan Pasal 3
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil,
berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari
perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia ini harus diprogramkan
secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini
menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan Ilmu
Pegetahuan Dan Teknologi (IPTEK) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut
adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan
kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat,
khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber
insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang
mengacu pada kompetensi peserta didik yang diarahkan pada kompetensi multiple
intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan
Potensi Diri Peserta didik sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan
pendidikan nasional.
B.
TUJUAN
- Mengembangkan seluruh potensi peserta didik
secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat
belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
- Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang
ada pada diri peserta didik sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill)
yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
- Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan
ke sekolah yang
lebih tinggi dan hidup bermasyarakat
- Menumbuhkan daya tangkal pada diri peserta
didik terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam
lingkungan sekolah
- Meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai
anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan
lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
- Meningkatan apresiasi dan penghayatan
seni.
- Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara
dengan berdasarkan Pancasila.
- Meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi peserta
didik untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan
rohani.
C. RUANG
LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1.
Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2.
Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3.
Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D. SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan
Potensi diri Peserta didik kelas X, XI dan XII MA ROUDLOTUL
ULUM Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah sebanyak 105
orang peserta didik
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1.
Mampu
melahirkan Sumber Daya Manusia yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas,
kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.
Mampu
meningkatkan prestasi peserta didik sesuai bakat dan minat peserta didik
3.
Mampu
meningkatkan pelayanan pendidikan kepada peserta didik melalui jalur pembinaan
penyelamatan peserta didik dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan peserta didik
dan jalur pemberdayaan potensi diri
F. STRATEGI PEMBINAAN
1. Melakukan koordinasi dengan
Dinas Pendidikan Kab. Indramayu
2. Difasilitasi dan dibimbing oleh
:
a.
Guru
Mata Pelajaran c. Pembina OSIS e.
Pelatih
b.
Guru
Bimbingan Karir (BK) d. Pembina Ekstrakurikuler
BAB II
PEMBINAAN KESISWAAN
Madrasah Aliyah ROUDLOTUL ULUM Tahun Pelajaran 2022/2023
melaksanakan program pembinaan kesiswaan dalam rangka mengembangkan potensi
siswa sesuai dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu, siswa yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demoktatis
serta bertangung jawab, diperlukan pembinaan kesiswaan secara sistematis dan
berkelanjutan
Berdasarkan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 Tentang Pembinaan
Kesiswaan, materi kegiatan kesiswaan meliputi :
1.
Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan YME
2.
Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlakul Karimah
3.
Pembinaan Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan
Bela Negara
4.
Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, Olah Raga, sesuai
dengan Minat dan Bakat
5.
Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan
Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan, dan Toleransi Sosial dalam Konteks
Masyarakat Plural
6.
Pembinaan Kreatifitas, Keterampilan dan Kewirausahaan
7.
Pembinaan Kualitas Jasmani dan Kesehatan
8.
Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )
9.
Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Inggris
Sesuai dengan keadaan dan
karakteristik madrasah serta bakat minat siswa MAN ROUDLOTUL ULUM, maka
penjabaran materi tersebut diatas terpadu dengan kegiatan – kegiatan secara
menyeluruh di madrasah yang meliputi kegiatan pembelajaran di kelas, program
pembiasaan, Kegiatan OSIS, Kegiatan ekstrakurikuler.
A. Kegiatan
Pembelajaran Di Kelas
Guru Pengampu mata
pelajaran melaksanakan pembinaan secara kontinue dan terpadu dalam pelaksanaan
pembelajaran di kelas yang meliputi pembinaan karakter, nasionalisme, dan
kewirausaaan dengan mempertimbangkan relevansi dan kapasitas mata pelajaran.
Sedangkan wali kelas meaksanakan tupoksinya dalam kegiatan perwalian bagi
siswanya.
B. Program Pembiasaan
Program pembiasaan yang diterapkan di Madrasah aliyah ROUDLOTUL ULUM meliputi :
1.
Saling berjabat tangan apabila bertemu, siswa dengan
siswa, siswa dengan guru dan karyawan, sesama guru dan karyawan.
2.
Memungut sampah dan membuang sampah pada tempat sampah
yang sudah disediakan
3.
Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Serius
4.
Sholat Dhuha terjadwal
5.
Membaca Surat – surat pendek 10 menit pertama tiap awal
jam pelajaran pertama
6.
Sholat Dhuhur berjamaah
7.
Doa bersama sebelum dan setelah pelajaran
8.
Peringatan Hari-Hari Besar Agama Islam
9.
Upacara Bendera Hari – Hari Besar Nasional
10.
Apel Pagi Tiap Awal Bulan
C. Kegiatan
OSIS
Kegiatan OSIS meliputi :
1.
Pembinaan Keimanan dan ketakwaan Kepada Allah SWT
a)
Membentuk Kelompok Iman dan Takwa ( KBIT )
b)
Memperingati hari – hari besar Agama Islam
c)
Melaksanakan kegiatan amaliah sesuai dengan norma agama
d) Mengadakan kegiatan lomba
yang bernuansa Keagamaan
2.
Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlakul Karimah,
antara lain :
a)
Melaksanakan Tata tertib
b)
Melaksanakan Gotong royong dan Kerja Bakti
c)
Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama
pergaulan
d) Menumbuhkembangkan
kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama
e)
Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga
madrasah
f)
Melaksanakan kegiatan 7 K ( Keamanan, Kebersihan,
Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kedamaian dan Keindahan )
3.
Pembinaan Kegiatan Unggul, Wawasan Kebangsaan dan Bela
Negara
a)
Melaksanakan Upacara Hari-hari besar Nasional
b)
Melaksanakan Apel pagi Tiap awal bulan
c)
Melaksanakan upacara bendera tiap tanggal 17
d) Melaksanakan kegiatan
kepramukaan
e)
Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat sejarah (
Outing Class )
f)
Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, semangat
perjuangan para pahlawan
4.
Pembinaan Prestasi Akademik, olahraga, seni sesuai minat
dan bakat
a)
Mengadakan Class Meeting
b)
Mengadakan Kegiatan Ilmiah
c)
Mengadakan studi banding atau study wisata
d) Mengadakan karya inovasi
e)
Mengoptimalkan Pemanfaatan Perpustakaan sekolah
f)
Menyelenggaran lomba seni
5.
Pembinaan Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Pendidikan
Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan Dan Toleransi Dalam Konteks Masyarakat
Plural
a)
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di OSIS sesuai
dengan tugasnya
b)
Melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK )
c)
Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran,
transparan dan profesional
d) Melaksanakan kewajiban dan
hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat
e)
Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan
pidato
f)
Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat
akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
g)
Melaksanakan penghijauan dan perindangan Madrasah
6.
Pembinaan Kreatifitas, Keterampilan dan Kewirausahaan
a)
Meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam
menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
b)
Meningkatkan Kreatifitas dan keterampilan di bidang
barang dan jasa
c)
Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan
d) Meningkatkan kemampuan
keterampilan siswa melalui seminar – seminar
7.
Pembinaan Kualitas Jasmani dan Kesehatan
a)
Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat
b)
Melaksanakan Usaha Kesehatan Skolah ( UKS )
c)
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkoba,
psikotropika dan zat aditif
8.
Pembinaan Sastra dan Budaya
a)
Mengembangkan wawasan sastra dan keterampilan siswa di
bidang sastra
b)
Menyelenggarakan lomba yang berhubungan dengan sastra dan
budaya
c)
Meningkatkan apresiasi Budaya
9.
Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK )
a)
Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan
pembelajaran
b)
Menjadikan TIK sebagai wahana kreatifitas dan inovasi
c)
Memnfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan
10.
Pembinaan Komunikasi dalam Bahasa Inggris
a)
Melaksanakan sehari berbahasa inggris
BAB III
DATA SISWA DAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA
A. Data
Penerimaan Siswa Baru MAN ROUDLOTUL ULUM Tahun 2022/2023
MA ROUDLOTUL ULUM dengan umurnya yang sudah sangat
dewasa untuk ukuran sebuah Lembaga, maka sudah seharusnya mendapatkan jumlah
siswa baru yang cukup untuk bisa melaksanakan pembelajaran dalam dua rombel
kelas. Pada tahun ini MA ROUDLOTUL
ULUM mendapatkan 30 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas yaitu IPA dan IPS. Seiring dengan
perkembangan yang terjadi di MA ROUDLOTUL ULUM dimana MA ROUDLOTUL ULUM selalu mengedepankan
pendidikan karakter yang menciptakan lulusan yang siap berkompetisi di dunia
usaha dan memiliki akhlakul karimah.
B. Kegiatan
Pengembangan Diri Siswa dalam Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler di MA ROUDLOTUL ULUM diadakan untuk membentuk karakter
siswa, menyalurkan minat dan bakat serta meningkatkan prestasi Non Akademik
siswa. Kegiatan ekstrakurikuler di MA ROUDLOTUL ULUM merupakan kegiatan belajar
yan dilakukan diluar jam belajar tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau
diluar sekolah untuk lebih memperluas wawasan atau kemampuan, peningkatan dan
penerapan nilai pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dari
kegiatan ekstra pilihan.
Ekstrakurikuler yang dimaksud
sebagai berikut:
No. |
Jenis ekstra |
Pembina |
Jadwal Pembinaan |
1 |
Pramuka |
Nur Fauziah, S.Pd.I |
Sabtu;15.00-17.00 |
2. |
Sholawatan |
Imam Safi'i, S.Pd |
Rabu; 15.00-17.00 |
3. |
Voli |
Antok Budi Utomo,S.Pd |
Jumat; 13.00-15.00 |
4. |
Tenis Meja |
Antok Budi Utomo,S.Pd |
Jumat; 15.00-17.00 |
Semua Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sesudah
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pembina ekstra diwajibkan membuat
pelaporan kegiatan yang dilengkapi dengan bukti fisik
pelaksanaan kegiatan.
BAB VI
PENUTUP
Program Kegiatan kesiswaan
merupakan program kerja wakil kepala madrasah bidang kesiswaan yang disusun
berdasarkan pedoman pembinaan kesiswaan sebagai garis besar kegiatan kesiswaan
di MA ROUDLOTUL ULUM untuk mewujudkan jati
diri siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Siswa merupakan generasi
yang harus mendapatkan pembinaan secara berkesinambungan, oleh karena itu
kerjasama antar sesama pembina kesiswaan MA ROUDLOTUL ULUM harus terjaga dengan
baik.
Demikian program kerja
kesiswaan ini dibuat dengan harapan dapat dijadikan bahan masukan dan pedoman
dalam penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan madrasah, khususnya yang
berkatan dengan kegiatan madrasah bidang pembinaan kesiswaan.
Kami menyadari bahwa masih
cukup banyak kekurangan dan kelemahan dalam penyususnan program ini. Oleh
karena itu, kami mengharapkan saran konstruktif untuk perbaikan program kerja
ini dimasa yang akan datang.
Program kerja ini hanyalah
salah satu bagian pensuksesan kegiatan Madrasah. Hal yang lebih penting
tentunya partisipasi semua pihak dalam berbagai kegiatan madrasah secara aktif
dan bertanggung jawab.
Jombang, 10 Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Madrasah ROUDLOTUL ULUM Wakasek Kesiswaan,
Drs. MUSTOFA, S.Pd Reni Minarti, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar